Profil M. Romahurmuziy, Ketua Umum PPP

Profil M. Romahurmuziy, Ketua Umum PPP2018-09-10T15:40:52+00:00

Ir. H. Muchammad Romahurmuziy, MT lahir di Sleman, 10 September 1974. Gus Rommy sapaan akrabnya adalah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan sekaligus anggota DPR RI periode 2014-2019 mewakili Jawa Tengah VII.

Sebelum menjadi Ketua Umum, Gus Rommy menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP PPP periode 2011-2015 yang terpilih dalam Muktamar VII PPP tahun 2011. Pada bulan Oktober 2014, Gus Rommy terpilih sebagai Ketua Umum DPP PPP periode 2014-2019 menggatikan Suryadharma Ali dalam Muktamar VIII PPP tahun 2014 di Surabaya.

Gus Rommy adalah putra dari K.H. Prof. Dr. M. Tolchah Mansoer, SH, yang merupakan pendiri IPNU (Ikatan Pelajar NU), anggota DPR-GR mewakili Partai NU DIY zaman Orde Lama dan Rois Syuriah PBNU 1984-1986. Gus Rommy juga cucu Menteri Agama ketujuh RI K.H. Muhammad Wahib Wahab.

Sejak 30 Mei 2011 lalu, Gus Rommy duduk sebagai Ketua Komisi IV DPR RI mewakili Fraksi PPP. Komisi IV membidangi masalah pertanian, perkebunan, kehutanan, pangan, kelautan, dan perikanan.
Riwayat pendidikan Gus Rommy di tempuh di Institut Teknologi Bandung. Gus Rommy menempuh pendidikan Sarjana dan Magister Teknik di almamater yang sama.

Selain menjadi Ketua Umum partai termuda di parlemen, Gus Rommy memiliki beberapa bakat yang mumpuni. Diantaranya adalah bakat bermusik yang telah di jalaninya sejak duduk di bangku sekolah. Gus Rommy bahkan memiliki group band yang dibentuk bersama teman-temannya sejak SMA yaitu Bhinneka Svara IX.

Gus Rommy menjadi kiblat santri milenial. Selain memiliki kecakapan bermusik, Gus Rommy juga mahir dalam murrotal Al-Quran. Beberapa lomba murrotal Al-Quran pernah di juarai oleh Gus Rommy sejak duduk di bangku sekolah.

Gus Rommy juga sosok intelektual muda, dengan beberapa prestasi akademik yang di raih. Gus Rommy pernah menjadi dosen di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Selian itu, Gus Rommy memiliki keahlian dalam bidang bisnis.

Berbisnis bagi Gus Rommy sudah dilakukan sejak duduk di bangku kuliah. Hal ini di lakukan agar bisa menjadi mandiri. Bisnis pertaman yang di jalani Gus Rommy adalah jualan pakaian.

Gus Rommy memiliki motto yang saat ini juga di jalanlan oleh partai yang di pimpinnya. Motto Gus Rommy adalah kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas. Ketiganya adalah satu komposisi yang tidak bisa di pisahkan.