Komisi IV DPR RI Kunjungi Lokus Revisi RTRW Sultra

sulawesitenggaraprov.go.id – Dalam rangka revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Prov Sultra Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) di Sultra dan akan meninjau lokus revisi RTRW.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Subagio selaku ketua tim saat rapat bersama Gubernur dan para Bupati/Walikota se Sultra di Aula Sangiano Bandera Rujab Gubernur (10/6) menyatakan usulan perubahan peruntukan hutan akan berdampak penting, cakupan luas dan bernilai strategis.

Menurutnya tim terpadu menyusun kriteria berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlku dan memperhatikan kondisi eksisting lapangan serta mempertimbangkan hukum dan kelembagaan, pertimbangan ekologi, ekonomi dan sosial budaya.

Adapun lokus -lokus perubahan khusus adalah lokus Basala taman nasional rawa aopa (2.828 ha), lokus Laonti Tanjung PAropa (34) ha, lokus Jompi-Lambiku, hutan lindung Kontu (401 ha), lokus Kota Lama (15.886 ha), lokus Bahubulu,lokus Mataosu, Taman Buru, lokus Amorome dan lokus.

Gubernur Sultra Nur Alam dalam pemaparannya menegakan bahwa total luas perubahan peruntukan berdampak penting cakupan luas dan bernilai strategis adalah 49.195 ha atau 29,63% meliputi 48 lokus tersebar di sembilan kabupaten dan Kota Bau Bau Ditujukan untuk penggunaan pemukiman dan lahan garapan serta rencana perkebunan dan pembukaan jalan Laonti.

2018-09-05T00:41:18+00:00