Ketum Romahurmuziy Sebutkan Keuntungan Jadi Tuan Rumah Pertemuan IMF-World Bank

ROMAHURMUZIY.COM – Penyelenggaraan acara Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali akan dilaksanakan pada tanggal 9-12 Oktober 2018. Hal itu akan menjadi momen penting karena Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya.

Acara yang di hadiri kurang lebih oleh 189 negara dari seluruh dunia ini akan membahas kebijakan ekonomi keuangan dunia.

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy mengungkapkan, dengan menjadi tuan rumah dalam acara pertemuan tersebut, ada beberapa keuntungan yang akan di dapatkan.

“Anggaran IMF World Bank ini mencapai Rp 869 miliar. Namun, disisi lain anggaran dari APBN itu akan menciptakan dampak berganda khususnya ke sektor parawisata. Ada 15.000 peserta yang akan datang dari seluruh dunia, mereka akan membawa devisa dan memperkuat nilai tukar rupiah,” ujar Ketum Romahurmuziy.

Selain itu, Ketum Romahurmuziy juga menyebutkan bahwa, diperkirakan pengeluaran para peserta di Bali akan mencapai Rp.943,5 miliar (Bappenas). 95,2 % berasal dari wisatawan mancanegara dan 4,8 % berasal dari domestik. Secara total baik dampak pengeluaran peserta, kontruksi, perhotelan diperkirakan Rp 6,9 triliun.

Dalam jangka panjang, delegasi yang hadir akan menjadi media promosi wisata efektif di negaranya masing-masing ditambah promosi dari ribuan media yang akan menghadiri acara tersebut. Sehingga, target pariwisata tahun ini sebanyak 17 juta wisatawan asing masih optimis tercapai.

“Indonesia sejak 2006 tidak lagi memiliki utang kepada IMF. Sehingga saat ini hubungan Indonesia dengan IMF bukan sebagai peminjam, tapi lebih bersifat koordinasi dan saling mendukung demi terciptanya stabilitas perekonomian dunia,” jelas Ketum Romahurmuziy.

Senada dengan itu disebutkan, dengan kalkulasi dampak jangka pendek dan panjang yang signifikan bagi Indonesia. Terlebih akan memberikan energi positif sehingga Indonesia dikenang sebagai tempat bersejarah lahirnya kerjasama baru di tingkat dunia. (Ch)

2018-10-05T17:15:43+00:00