Ketum PPP Sambut Positif Ajakan Hijrah Jokowi

ROMAHURMUZIY.COM – Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy menyambut baik ajakan Presiden Joko Widodo kepada masyarakat Indonesia untuk hijrah dari hal yang buruk ke kebaikan.

Menurut Ketum Romahurmuziy, istilah ajakan hijrah disini mempunyai makna positif yaitu semangat agama.

Selain itu, Ketum Romahurmuziy juga menjelaskan, kata hijrah merujuk pada siroh nabawiyah (sejarah nabi). Dimana Nabi Muhammad SAW pernah hijrah dari Mekkah ke Habasyah dan dari Mekkah ke Madinah.

“Namun ketika sudah fathu mekkah (pembukaan Kota Mekkah), nabi menyebut sudah tidak ada lagi hijrah fisik, namu hijrah secara maknawi yaitu dari hal buruk ke kebaikan,” ujar Ketum Romahurmuziy, Minggu (4/11/2018).

Senada dengan itu, Ketum Romahurmuziy melanjutkan, penggunaan kata ‘hijrah’ oleh Presiden Jokowi, juga sesuai dengan ajaran Islam. Sebab, Presiden Jokowi mengajak hijrah atau berpindah dari perpecahan ke persatuan, dari prasangka buruk ke berbaik sangka, atau dari kebencian ke ujaran kebenaran.

“Semuanya itu adalah ajaran agama. Tentang prasangka misalnya di al-Qur’an ada ayat yang menyebut ijtanibuu katsiiron minadh dhonni, inna ba’dlodh dhonni itsmun (Jauhilah prasangka, karena sebagian besar prangka buruk itu dosa),” jelas Ketum Romahurmuziy.

Penggunaan kata hijrah juga, imbuh Ketum Romahurmuziy, sedang populer di kalangan anak muda muslim. Idiom hijrah ini pun menurutnya memang mempunyai makna positif dan wajar digunakan Presiden Jokowi untuk mengajak masyarakat agar berubah ke hal yang lebih baik. (Ch)

2018-11-05T13:52:40+00:00