Ketum PPP Jelaskan Beberapa Topik Penting Dalam Pertemuan IMF-World Bank

ROMAHURMUZIY.COM – Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy mengatakan, pelaksanaan acara Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali pada tanggal 9-12 Oktober 2018 menjadi sejarah penting bagi Indonesia.

Acara ini menjadi istimewa karena Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya sejak digelar pertama kali pada tahun 1974 di London.

“Pertemuan ini menjadi sangat istimewa bagi negara kita karena pertama kalinya kita mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah,” ujar Ketum Romahurmuziy.

Selain itu, Ketum partai termuda di parelemen tersebut mengungkapkan beberapa topik yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Diantaranya pembangunan inklusif bagi kesejahteraan penduduk, khususnya di negara berkembang.

“Indonesia dapat memberi contoh bagi negara-negara berkembang lainnya, karena berhasil menurunkan kemiskinan hingga single digit pertama kalinya dalam sejarah,” jelas Ketum Romahurmuziy.

Menyoal prestasi Indonesia, lanjut Ketum Romahurmuziy, Indonesia mampu menurunkan tingkat kemiskinan dan sempat disanjung oleh direktur IMF, Christine Lagarde bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang sukses memberikan pemerataan ekonomi bagi kaum duafa.

“Dalam ajang ini, Indonesia juga berkesempatan untuk menjelaskan kepada para pemimpin negara di dunia langkah Indonesia dalam membangun negara sejak krisis Asia 1998. Kini Indonesia memiliki UU No. 9 Tahun 2016 tentang PPKSK (Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan),” imbuh Ketum Romahurmuziy.

Senada dengan itu, Ketum Romahurmuziy juga menjelaskan beberapa topik lain yang tak kalah menariknya untuk dibahas, soal perkembangan internet yang begitu pesat memunculkan peluang baru bagi ekonomi nasional. Dan saat ini Indonesia menjadi negara nomer 5 dengan akses internet terbesar di dunia, dengan 143 juta penduduk memanfaatkan internet.

Dari perkembangan internet tersebut, kemudian tumbuh berbagai starup yang juga terbilang besar, yaitu mencapai 1.911 usaha (data berdasarkan startupranking.com). (Ch)

2018-10-05T15:41:47+00:00