Jogja Color Walk 2018 Pecahkan Rekor Muri

ROMAHURMUZIY.COM – Ribuan Penari Jaranan berlenggak lenggok memadati Alun-alun Utara Yogyakarta. Mereka adalah peserta acara Jogja Color Walk dan Jogja Menari. Acara yang digelar oleh Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) angkatan 93 ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan penari jaranan terbanyak, yakni 4.271 orang pada Minggu (23/12/12).

Rekor MURI diterima langsung oleh Romahurmuziy selaku Ketua Panitia Jogja Color Walk dan Jogja Menari. Ia mengatakan, awalnya acara ini diikuti oleh 3.600 penari jaranan. Namun kemudian bertambah, karena antusias masyarakat yang cukup tinggi. “Penarinya sebanyak 4.271 penari,” kata pria yang akrab di sapa Gus Rommy ini.

Acara yang mengusung 3 konsep sekaligus, yakni keberagaman, kesehatan, dan kebudayaan. Keberagamaan direpresentasikan oleh warna-warni menghiasi acara. Gus Rommy menyebut keberagaman seperti ini sangat penting mengingat Indonesia yang majemuk dan perlu saling menghargai.

Indonesia menurutnya kaya seni dan budaya Tari. Jadi, Tari Jaranan dipilih sebagai salah satu representasi kesenian tradisional yang dimiliki bangsa. Tari ini juga karena mempunyai filosofi membangun rasa kebersamaan, kerjasama dan pantang menyerah. “Yang pasti acara ini menonjolkan budaya masyarakat Jogja yang sangat tinggi dengan aneka ragam tarian. Kareografi ini sebenarnya dibuat dari tarian angguk yang dimodifikasi sedemikian rupa,” terang Gus Rommy.

“Konsepnya adalah olahraga untuk kesehatan. Kita harus sehat, mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” tambah Gus Rommy.

Acara yang dihelat pertamakalinya ini secara khusus Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini melalui pesan video yang diputar di hadapan para peserta. (Ch)

2018-12-24T21:06:45+00:00