Gus Rommy Sayangkan Dubes Arab Saudi Salahi Aturan Diplomasi

ROMAHURMUZIY.COM – Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy menyayangkan cuitan duta besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osamah Muhammad Al-Suaibi karena telah menyalahi aturan berdiplomasi.

Gus Rommy sapaan akrabnya menilai, cuitan tersebut sudah terlalu jauh mencampuri urusan dalam negeri Indonesia. Dalam cuitannya Osamah menyebut Reuni Akbar 212 digelar lantaran dipicu pembakaran bendera oleh ormas yang menyimpang dan sesat.

“Seorang duta besar itu tamu yang itu tentu tidak pantas bagi seorang tamu untuk mencampuri urusan rumah tangga yang dia datangi,” ujar Gus Rommy, Selasa (4/12/2018).

Selain itu, Ketum partai termuda di parlemen itu juga menilai wajar desakan berbagai pihak kepada pemerintah Indonesia untuk memulangkan Osamah ke negaranya.

“Menurut saya wajar karena apa yang dia lakukan sudah bukan hanya sekadar ikut mencampuri tetapi juga menyalahi. Pertama dia memprovokasi berita seolah-olah jumlahnya begitu banyak padahal jumlahnya hanya puluhan ribu tentu kita sudah bisa menghitungnya secara ilmiah,” jelas Gus Rommy.

Tidak hanya itu, Gus Rommy melanjutkan, Osamah sebagai dubes Arab Saudi untuk Indonesia juga melabelkan sesat kepada organisasi yang melakukan pembakaran bendera tersebut. Hal itu sangat disayangkan karena tidak seharusnya seorang dubes ikut campur terlalu jauh urusan dalam negeri.

“Kemudian yang kedua dia melabelkan sesat kepada organisasi yang melakukan pembakaran. Semoga segera ada tindak lanjut,” pungkas Gus Rommy. (Ch)

2018-12-05T13:13:56+00:00