Tanggal : 17-01-2018

Ketum Romahurmuziy: Belajar Kepemimpinan Harus Dipraktikkan

ROMAHURMUZIY.COM - Ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ir. H.M. Rohmahurmuziy berbagi tips leadership di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Islam Malang (UNISMA), Jum’at (8/12/2017).

Romahurmuziy mengatakan, semua orang adalah pemimpin yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya masing-masing.

“Minimal akan menjadi pemimpin rumah tangga,” tuturnya.

Belajar leadership atau kepemimpinan menurut Gus Romi, harus dipraktikkan dengan aksi nyata.

“Belajar leadership bisa dimulai dari belajar memimpin diri sendiri, terutama jika tidak menyukai organisasi. Belajar mendisiplinkan diri,” ujar putra ulama pendiri Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) K.H. Tolchah Mansoer tersebut.

Ketum PPP mengatakan, kepemimpinan yang efektif adalah kepemimpinan yang bisa menyadarkan anggota untuk mengerti dan mengantarkan semua anggota menuju satu tujuan.

“Sebelum pemimpin menyadarkan anggota untuk menuju satu tujuan, anggota atau anak buah memiliki beragam pemikiran yang harus diantarkan menuju satu titik yang sama,” paparnya.

Lanjut Romahurmuziy menjelaskan, pemimpin berbeda dengan bos, karena memiliki kecerdasan emosi, mampu membaca potensi anak buah atau anggota dan menjadikannya kekuatan lembaga yang dipimpin.

“Pemimpin memang memiliki tugas berat karena harus mampu menekan ego dirinya dan menjadi dirijen dalam orkestra dari potensi para anggota untuk menjadi lagu yang indah,” terangnya.

Pada mahasiswa UNISMA Romahurmuziy juga mendorong agar mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

 “Misalnya kuliah harus lulus dengan multipotensi, maka harus diimbangi dengan organisasi dan kegiatan ekstra kampus,” tuntasnya. (Oky)

  • Badan Narkotika Nasional
  • BNPT
  • LPKDS
  • KPK
  • Komisi Yudisial
  • polri
  • Mahkamah Konstitusi

© 2015 www.romahurmuziy.com. All Rights Reserved.