Tanggal : 22-06-2018

Ketum PPP Apresiasi Prestasi Mahasiswa Indonesia di Kancah Dunia

ROMAHURMUZIY.COM - Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berkesempatan mengunjungi Gedung Robotika di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Beliau merasa kagum, dengan hasil karya mahasiswa yang mendapatkan penghargaan di ajang dunia dalam bidang robotika.

Salah satunya adalah tim Barunastra yang terdiri dari sejumlah mahasiswa ITS dari berbagai disiplin ilmu, yang beberapa kali memperlombakan robot buatan mereka di ajang internasional.

Kini mereka, meciptakan sebuah drone yang bisa bergerak sendiri tanpa dikendalikan dengan remote kontrol. Sebab, semuanya sudah dikendalikan oleh program komputer .

Ketum Romahurmuziy pun menyebut, karya ini juga membuktikan bahwa karya anak bangsa memang tidak ada matinya dan terus tumbuh. Sehingga, perlu dilakukan pengembangan dan inovasi agar memberikan solusi pada semua persoalan di masa mendatang.

“Selamat atas karyanya. Jika terus dikembangkan bukan tidak mungkin akan terus ada hal baru lainnya yang dihasilkan mahasiswa,” ungkap beliau.

Salah satu anggota tim Barunstra, Lutfi Halim menyebutkan, robot tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah hal, terutama yang berbahaya bagi manusia. Misalkan, melakukan tindakan di daerah bencana yang masih rawan. Sebab, robot ini juga bisa menjadi cikal bakal untuk membuat robot lainnya yang mempunyai prinsip yang sama dapat bergerak sendiri tanpa harus diperintah manusia.

“Nanti misalnya bisa dipergunakan untuk menyandarkan kapal ke pelabuhan dengan benar-benar tanpa awak. Ini kita bisa setting dari titik ke titik sehingga nanti bisa parkir otomatis,” ujar mahasiswa jurusan Elektronika angkatan 2015 tersebut.

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor ITS, Prof. Ketut Buda Artana menambahkan, saat ini teknologi memang mengarah pada M0 atau Man Zero yang berarti tanpa keterlibatan manusia. (Mhd)

  • Badan Narkotika Nasional
  • BNPT
  • LPKDS
  • KPK
  • Komisi Yudisial
  • polri
  • Mahkamah Konstitusi

© 2015 www.romahurmuziy.com. All Rights Reserved.