Tanggal : 26-03-2017

Gus Romy Deklarasikan Persatuan Tani Nusantara di Banjarnegara

Anggota Komisi XI DPR, Rommahurmuziy, Senin (13/3/2017) siang mendeklarasikan Persatuan Tani Nusantara di Rejasa Room Hotel Surya Yudha, Banjarnegara.

Menurut politikus dari PPP yang biasa disapa Gus Romy ini, Persatuan Tani Nusantara adalah sebuah organisasi yang menghimpun para petani, yang melakukan Usaha Tani di bidang tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan.

Organisasi ini lahir karena saat ini sudah banyak undang-undang yang sudah dilahirkan oleh DPR, namun belum dilaksanakan secara penuh oleh pemerintah dan juga banyak pelaksanaan yang masih perlu pengontrolan yang lebih lanjut oleh masyarakat petani itu sendiri, katanya. 

Selain itu juga adanya organisasi-organisasi tani yang saat ini kurang berperan dalam membantu para petani.

Karena itu, saya menyambut baik deklarasi organisasi ini, yang merupakan aspirasi dari akar rumput di bawah, yang selama ini kita bina, jelasnya.

Menurut Gus Romy, Banjarnegara dipilih sebagai tempat untuk dilakukan deklarasi Persatuan Tani Nusantara karena Banjarnegara pernah dijadikan oleh para saudagar muslim, untuk mendeklarasikan Organisasi Syarikat Islam pada tahun 1905.

Sehingga kita mengambil semangat para saudagar - saudagar muslim itu, untuk mendeklarasikan Persatuan Tani Nusantara ini di Banjarnegara, tegasnya.

Romy berharap, organisasi ini akan menjadi organisai yang besar yang mampu menyerap dan meneruskan aspirasi anggotanya dan memfokuskan upayanya pada advokasi kaum tani dalam bentuk Perlindungan dan Pemberdayaan.

Bahwa Perlindungan kaum tani adalah segala upaya untuk membantu menghadapi kesulitan memperoleh prasarana dan sarana produksi,meningkatkan kepastian berusaha, mengurangi resiko harga, mengantisipasi dan mengatasi kegagalan panen, menghilangkan praktekekonomi biaya tinggi, memberantas monopoli dan kartel penyelenggaraan pangan, serta mitigasi perubahan iklim, lanjutnya.

Ke depan, untuk meningkatkan kemampuan para anggotanya, organisai ini juga akan melaksanakan pendidikan dan pelatihan, serta penyuluhan dan pendampingan,pengembangan sistem dan sarana pemasaran hasil pertanian, redistribusi lahan pertanian, kemudahan akses ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi, peningkatan akses pembiayaan serta penguatan Kelembagaan kaum tani.

Dengan demikian diharapkan kesejahteraan para petani akan semakin meningkat, tandasnya.

Sementara, Ketua Persatuan Tani Nusantara Cabang Banjarnegara, Indarto, menyambut baik deklrasasi ini dan berharap organisai ini akan dapat meningkatkan kesejaheraan anggotanya.

Dengan adanya organisai ini diharapkan hasil pertanian di Banjarnegara akan semakin meningkat dan hasilnya semakin baik, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani, ungkapnya. (JKW/HF)

  • Petigallery
  • Website Resmi PPP

© 2015 www.romahurmuziy.com. All Rights Reserved.